Senin, 18 Oktober 2010

BAGAIMAN MEMBUAT MEDIA PROMOSI KESEHATAN

I. PENDAHULUAN

          Program-program kesehatan, terutama yang terkait dengan PHBS perlu selalu disosialisasikan secara
terus menerus, hal ini dikarena perubahan tingkah laku kadang-kadang hanya dapat terjadi dalam kurun waktu yang relative lama. Dari pengalaman bertahun-tahun pelaksanaan promosi atau penyuluhan kesehatan masyarakat mengalami berbagai hambatan dalam rangka mencapai tujuannya, yaitu mewujudkan perilaku hidup sehat bagi masyarakat.
Dari berbagai aspek terkait dalam Promosi Kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian secara seksama adalah tentang media atau alat peraga yang digunakan dalam promosi kesehatan. Dengan media atau alat peraga yang benar dan tepat sasaran, maka materi atau bahan isi yang perlu dikomunikasikan dalam promosi kesehatan akan mudah diterima, dicerna dan diserap oleh sasaran, sehingga kesadaran masyarakat akan PHBS lebih mudah terwujud.

II. MEDIA PROMOSI KESEHATAN
    Apa itu Media ?
              Media atau alat peraga dalam promosi kesehatan dapat diartikan sebagai alat bantu untuk promosi
kesehatan yang dapat dilihat, didengar, diraba, dirasa atau dicium, untuk memperlancar komunikasi dan penyebar-luasan informasi
    Apa kegunaan media ?
             Biasanya alat peraga digunakan secara kombinasi, misalnya menggunakan papan tulis dengan photo
dan sebagainya. Tetapi dalam menggunakan alat peraga, baik secara kombinasi maupun tunggal, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu :
  • Alat peraga harus mudah dimengerti oleh masyarakat sasaran
  • Ide atau gagasan yang terkandung di dalamnya harus dapat diterima oleh sasaran
Alat peraga yang digunakan secara baik memberikan keuntungan-keuntungan :
  • Dapat menghindari salah pengertian/pemahaman atau salah tafsir. Dengan contoh yang telah disebutkan pada bagian atas dapat dilihat bahwa salah tafsir atau salah pengertian tentang bentuk plengsengan dapat dihindari.
  • Dapat memperjelas apa yang diterangkan dan dapat lebih mudah ditangkap.
  • Apa yang diterangkan akan lebih lama diingat, terutama hal-hal yang mengesankan.
  • Dapat menarik serta memusatkan perhatian.
  • Dapat memberi dorongan yang kuat untuk melakukan apa yang dianjurkan.
Jenis / Macam Media itu apa saja?
                 Alat-alat peraga dapat dibagi dalam 4 kelompok besar :
a. Benda asli, yaitu benda yang sesungguhnya baik hidup maupun mati.
                Merupakan alat peraga yang paling baik karena mudah serta cepat dikenal, mempunyai bentuk
serta ukuran yang tepat. Tetapi alat peraga ini kelemahannya tidak selalu mudah dibawa ke manamana
sebagai alat bantu mengajar. Termasuk dalam macam alat peraga ini antara lain :
  • Benda sesungguhnya, misalnya tinja di kebun, lalat di atas tinja, dsb
  • Spesimen, yaitu benda sesungguhnya yang telah diawetkan seperti cacing dalam botol pengawet, dll
  • Sample yaitu contoh benda sesungguhnya untuk diperdagangkan seperti oralit, dll
b. Benda tiruan, yang ukurannya lain dari benda sesungguhnya.
                  Benda tiruan bisa digunakan sebagai media atau alat peraga dalam promosi kesehatan. Hal ini
dikarena menggunakan benda asli tidak memungkinkan, misal ukuran benda asli yang terlalu
besar, terlalu berat, dll. Benda tiruan dapat dibuat dari bermacam-macam bahan seperti tanah,
kayu, semen, plastik dan lain-lain.
c. Gambar/Media grafis, seperti poster, leaflet, gambar karikatur, lukisan, dll.

    •  Poster
                Adalah sehelai kertas atau papan yang berisikan gambar-gambar dengan sedikit kata-kata. Kata-kata dalam poster harus jelas artinya, tepat pesannya dan dapat dengan mudah dibaca pada jarak
kurang lebih 6 meter. Poster biasanya ditempelkan pada suatu tempat yang mudah dilihat dan banyak dilalui orang misalnya di dinding balai desa, pinggir jalan, papan pengumuman, dan lainlain. Gambar dalam poster dapat berupa lukisan, ilustrasi, kartun, gambar atau photo. Poster terutama dibuat untuk mempengaruhi orang banyak, memberikan pesan singkat. Karena itu cara pembuatannya harus menarik, sederhana dan hanya berisikan satu ide atau satu kenyataan saja. Poster yang baik adalah poster yang mempunyai daya tinggal lama dalam ingatan orang yang melihatnya serta dapat mendorong untuk bertindak.
    • Leaflet
             Leaflet adalah selembaran kertas yang berisi tulisan dengan kalimat-kalimat yang singkat, padat,
mudah dimengerti dan gambar-gambar yang sederhana. Ada beberapa yang disajikan secara berlipat.
Leaflet digunakan untuk memberikan keterangan singkat tentan suatu masalah, misalnya deskripsi pengolahan air di tingkat rumah tangga, deskripsi tentang diare dan penecegahannya, dan lainlain. Leaflet dapat diberikan atau disebarkan pada saat pertemuan-pertemuan dilakukan seperti pertemuan FGD, pertemuan Posyandu, kunjungan rumah, dan lain-lain. Leaflet dapat dibuat sendiri dengan perbanyakan sederhana seperti di photo copy.
d. Gambar Optik. seperti photo, slide, film, dll
    • Photo
                  Sebagai bahan untuk alat peraga, photo digunakan dalam bentuk : 1).  Album, yaitu merupakan foto-foto yang isinya berurutan, menggambarkan suatu cerita, kegiatan dan lain-lain. Dikumpulkan dalam sebuah album. Album ini bisa dibawa dan ditunjukan kepada masyarakat sesuai dengan topik yang sedang di diskusikan. Misalnya album photo yang berisi kegiatan-kegiatan suatu desa untuk merubah kebiasaan BABnya menjadi di jamban dengan CLTS sampai mendapat pengakuan resmi dari Bupati. 2). Dokumentasi lepasan. Yaitu photo-photo yang berdiri sendiri dan tidak disimpan dalam bentuk album. Menggambarkan satu pokok persoalan atau titik perhatian. Photo ini digunakan biasanya untuk bahan brosur, leaflet, dll

   • Slide
                 Slide pada umumnya digunakan untuk sasaran kelompok. Penggunaan slide cukup effektif, karena gambar atau setiap materi dapat dilihat berkali-kali, dibahas lebih mendalam. Slide sangat menarik terutama bagi kelompok anak sekolah, karena alat ini lebih “trnedi” disbanding dengan gambar, leaflet, dll
   • Film
               Film meruapakan media yang bersifat menghibur, tapi dapat disisipi dengan pesan-pesan yang bersifat edukatif. Sasaran media ini adalah kelompok besar, dan kolosal.

III. MEDIA GRAFIS / GAMBAR
                Grafis secara umum diartikan sebagai gambar. Media grafis adalah penyajian visual (menekankan
persepsi indera penglihatan) dengan penyajian dua dimensi. Dalam media grafis tidak termasuk media elektronik. Termasuk dalam media grafis misalnya Poster, Leaflet, Reklame, billboard, Spanduk, dll
3.1. PESAN DALAM MEDIA
            Pesan adalah terjemahan dari tujuan komunikasi ke dalam ungkapan atau kata yang sesuai untuk
khalayak sasaran. Pesan dalam suatu media harus efektif dan kreatif, untuk itu pesan harus memenuhi hal-hal sebagai berikut:
a. Command attention
                Kembangkan suatu idea tau pesan pokok yang merefleksikan strategi desain suatu pesan. Bila terlalu banyak ide, hal tersebut akan membingungkan khayalayak sasaran dan mereka akan mudah melupakan pesan tersebut.
b. Clarify the massage
               Pesan haruslah mudah, sederhana dan jelas. Pesan yang effektif harus memberikan informasi yang relevan dan baru bagi khalayak sasaran. Kalau pesan dalam media diremehkan oleh sasaran, secara otomatis pesan tersebut gagal.
c. Create trust
               Pesan harus dapat dipercaya, tidak bohong, dan terjangkau. Katakanlah masyarakat percaya cuci tangan pakai sabun dapat mencegah penyakit diare, dan untuk itu harus dibarengai bahwa harga sabun terjangkau dan mudah didapat didekat tempat tinggalnya.
d. Communicate a benefit
             Hasil pesan diharapkan akan memberikan keuntungan. Khalayak sasaran termotivasi membuat jamban misalnya, karena mereka akan memperoleh keuntungan dimana anaknya tidak akan terkena penyakit diare misalnya
e. Consistency
             Pesan harus konsisten, artinya bahwa sampaikan satu pesan utama dimedia apapaun secara berulang, misal di poster, stiker, dll, tetapi maknanya akan tetap sama.
f. Cater to the heart and head
            Pesan dalam suatu media harus bisa menyentuh akal dan rasa. Komunikasi yang effektif tidak hanya sekedar member alas an teknis semata, tetapi juga harus menyentuh nilai-nilai emosi dan membangkitkan kebutuhan nyata.
g. Call to action
            Pesan dalam suatu media harus dapat mendorong khlayak sasaran untuk bertindak sesuatu. “Ayo, buang air bedsar di jamban agar anak tetap sehat” adalah contoh ungkapan yang memotivasi kearah suatu tindakan.
3.2. HIMBAUAN DALAM PESAN
                Dalam media promosi, pesan dimaksudkan untuk mempengaruhi orang lain, atau pesan itu untuk
menghimbau khalayak sasaran agar mereka menerima dan melaksanakan gagasan kita.
a. Himbauan Rasional
               Hal ini didasarkan pada anggapan bahwa manusia pada dasarnya makhluk rasiona. Contoh pesan
“Datanglah ke posyandu untuk imunisasi anak Anda. Imunisasi melindungi anak dari penyakit berbahaya” para ibu mengerti pesan itu, namun kadang tidak bertindak karena keraguan.
b. Himbauan Emosional
               Kebanyakan perilaku manusia, terutama kaum ibu, lenih didasarkan pada emosi daripada hasil
pemikiran rasional. Bebara hal menunjukan bahwa pesan dengan menggunakan imbauan emosional sering lebih berhasil disbanding dengan imbauan dengan bahasa rasional. Contoh: “Diare penyakit berbahaya, merupakan penyebab kematian bayi. Cegahlah dengan stop BAB Sembarangan” Kombinasikan dalam poster hubungan gagasan dengan unsure visual dan non verbal, misal dengan gambar anak balita sakit, kemudian tertera pesan “Lindungi anak Anda”:
c. Himbauan Ketakutan
              Penggunaan imbauan dengan pesan yang menimbulkan ketakutan harus digunakan secara berhati-hati. Ada sebagian orang yang mempunyai kepribadian kuat justru tidak takut dengan imbauan semacam ini, tetapi sebaliknya kelompok orang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi, pesan semacam ini akan lebih effektif.
d. Himbauan Ganjaran
             Pesan dengan imbauan ganjaran dimaksudkan menjanjikan sesuatu yang diperlukan dan diinginkan oleh si penerima pesan. Teknik semacam ini dirasa cukup masuk akal, karena pada kenyataanya orang akan lebih banyak mengubah perilakunya bila akan memperoleh imbalan (terutama materi) yang cukup.
e. Himbauan Motivasional
           Pesan ini dengan menggunakan bahasa imbauan motiv yang menyentuh kondisi internal diri sipenerima pesan. Manusia dapat digerakan lewat dorongan kebutuhan biologis seperti lapar, haus, keselamatan, tetapi juga lewat dorongan psikologis seprti kasih saying, keagamaan, prestasi, dll
3.3. BEBERAPA MEDIA GRAFIS
               Media grafis adalah penyajian visual dua dimensi, yang dibuat berdasarkan unsure dan prinsip
rancangan gambar, dan sangat bermanfaat dan effektif sebagai media penyampai pesan.
3.3.1. POSTER
             Poster merupakan pesan singkat dalam bentuk gambarr dengan tujuan untuk mempengaruhi sesorang agar tertarik pada sesuatu, atau mempengaruhi agar seseorang bertindak akan sesuatu hal. Poster tidak dapat member pelajaran dengan sendirinya, karena keterbatasan kata-kata. Poster lebih cocok kalau diperuntukan sebagai tindak lanjut dari suatu pesan yang sudah disampaikan beberapa waktu yang lalu. Dengan demikian poster bertujuan untuk mengingat kembali dan mengarahkan pembaca kearah tindakan tertentu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh komunikator.
Dari isi pesan, poster dapat disebut sebagai Thematik poster, Tactrical poster dan Practical poster. Thematik poster yaitu poster yang menerangkan apa dan mengapa, Tractical poster menjawab kapan dan dimana, sedangkan Practical poster menerangka siapa, untuk siapa, apa, mengapa dan dimana.

APA SYARAT-SYARAT YANG PERLU DIPERHATIKAN ?
  • Dibuat dalam tata letak yang menarik, misal besarnya huruf, gambar warna yang ,mencolok
  • Dapat dibaca (eye cacher) orang yang lewat
  • Kata-kata tidak lebih dari 7 kata
  • Menggunakan kata yang provokatif, sehingga menarik perhatian
  • Dapat dibaca dari jarak 6 meter
  • Harus dapat menggugah emosi, misal dengan menggunakan factor IRI, BANGGA, dll
  • Ukuran yang besar (50X70) cm, kecil (35X50) cm
DIMANA TEMPAT PEMASANGAN POSTER?
  • Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum dimana ornag sering berkumpul, seperti pemberhentian bus, dekat pasar, dekat toko/warung,
  • Persimpangan jalan desa, kantor kelurahan, balai desa, posyandu, dll
APA KEGUNAAN POSTER ?
  • Memberikan peringatan, misalnya tentang peringatan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah berak dan sebelum makan
  • Memberikan informasi, misalnya tentang pengolahan air di rumah tangga
  • Memberikan anjuran, misalnya pentingnya mencuci makanan mentah dan buah-buahan dengan air bersih sebelum di makan
  • Mengingatkan kembali, misalnya cara mencuci tangan yang benar
  • Memberikan informasi tentang dampak, misalnya informasi tentang dampak dari BAB di jamban
APA KEUNTUNGAN POSTER?
  • Mudah dibuat
  • Singkat waktu dalam pembuatanya
  • Murah
  • Dapat menggapai orang banyak
  • Mudah menggugah orang banyak untuk berpartisipasi
  • Bisa dibawa kemana-mana
  • Banyak variasi
BAGAIMANA CARA MEMBUAT POSTER?
  • Pilih subyek yang akan dijadikan topic, missal kesehatan lingkungan, sanitai, PHBS,dll
  • Pilih satu pesan kesehatan yang terkait, misal keluarga yang menggunakan jamban untuk BAB
  • Gambarkan pesan tersebut dalam gambar, buat sket
  • Pesan dibuat menyolok, singkat, cukup besar, dan dapat dilihat pada jarak 6 meter. Contoh pesan misalnya : Stop buang air besar sembarangan
  • Buat dalam warna yang kontras sehingga jelas terbaca. Kombinasi warna yang tidak bertabrakan adalah : biru tua-merah; hitam-kuning; merah-kuning; biru tua-biru muda.
  • Hindarkan embel-embel yang tidak perlu
  • Gambar dapat sederhana
  • Perhatikan jarak huruf, bentuk dan ukuran
  • Test/uji poster pada teman, apa poster bisa mencapai maksudnya atau tidak.
HAL-HAL APA YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENDESAIN POSTER?
              Poster secara umum terdiri atas beberapa bagian, yaitu: (i) Head line (judul), (ii) Sub head line (sub
judul), (iii) Body copy/copy writing dan (iv) Logo dan indentitas. Head line, harus dapat dibaca jelas dari jarak 6 meter, mudah dimengerti, mudah diingat dan mudah. Body copy harus menjelaskan head line, melengkapi head line dan menerangkan secara singkat.
Dalam membuat poster juga perlu adanya Illustrasi. Illustrasi ini harus atraktif berhubungan dengan warna, bentuk, format dan jenis gambar. Illustrasi harus berhubungan erat dengan head line, dan terpadu dengan penampilan secara keseluruhan. Warna merupakan salah satu unsur grafis. Pengertian warna bisa meliputi warna simbolik atau rasa kejiwaan. Warna dapat dibagi menjadi 3 kelompok menurut jenisnya:
• Warna primer : merah, kuning, biru
• Warna sekunder : hijau, kuning lembayung
• Warna tersier : cokla kemerahan, coklat kekuningan, coklat kebiruan
Warna sebagai symbol mempunyai arti tersendiri :
• Merah : berani
• Putih : suci
• Kuning : kebesaran
• Hitam : abadi
• Hijau : harapan
• Merah muda : cemburu
Mengenal rasa warna, dapat diartikan sebagai berikut:
• Merah : warna panas
• Biru : warna dingin
• Hijau muda : warna sejuk

3.3.2. PAPAN PENGUMUMAN
                  Papan pengumuman biasanya dibuat dari papan dengan ukuran 90cm x 120 cm, biasa dipasang di dinding atau tempat tertentu seperti Balai desa, posyandu, mesjid, puskesmas, sekolah, dll. Pada papan tersebut ditempelkan gambar-gambar atau tulisan-tulisan dari suatu topic tertentu.
APA BAHAN YANG DIPERLUKAN
  • Plywood ukuran 90 cm X 120 cm
  • Kertas berwarna
  • Gunting
  • Paku payung
  • Huruf-huruf atau tulisan
  • Koleksi gambar-gambar dalam segala ukuran

BAGAIMANA CARA MEMBUAT PAPAN PENGUMUMAN
  • Ambil plywood
  • Warnai bila diperlukan
  • Beri bingkai pada sekeliling papan
  • Tempatkan atau dipaku didinding gedung, atau tempat yang memungkinkan
  • Tempatkan pada tempat atau lokasi yang mudah dilihat
  • Tuliskan judul yang menarik
BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN PAPAN PENGUMUMAN
  • Tentukan jangka waktu pemsangan, sehingga tidak membosankan, missal 1-2 minggu cukup
  • Gunakan pada peristiwa-peristiwa tertentu saja, missal pada waktu pertemuan besar, hari libur
  • Cari sumber untuk melengkapi disply, missal dari perpustakaan, kantor humas, dll
APA KEUNTUNGAN PAPAN PENGUMUMAN
  • Dapat dikerjakan dengan mudah
  • Merangsang perhatian orang
  • Menghemat waktu dan membiarkan pembaca untuk belajar masalah yang ada
  • Merangsang partisipasi
  • Sebagai review/reminder terhadap bahan yang pernah diajarkan.
3.3.3. LEAFLET
              Leaflet atau sering juga disebut pamphlet merupakan selembar kerta yang berisi tulisan cetak tentang
sesuatu masalah khusus untuk suatu sasaran dan tujuan tertentu. Ukuran leaflet biasanya 20 x 30 cm, berisi tulisan 200 – 400 kata. Isi harus bisa ditangkap dengan sekali baca. Misal leaflets tentang diare untuk orang-orang yang tinggal di bantaran sungai dan buang buang air besar sembarangan.

APA YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT LEAFLETS
  • Tentukan kelompok sasaran yang ingin dicapai
  • Tuliskan apa tujuannya
  • Tentukan isi singkat hal-hal yang mau ditulis dalam leaflets
  • Kumpulkan tentang subyek yang akan disampaikan
  • Buat garis-garis besar cara penyajian pesan, termasuk didalamnya bagaimana bentuk tulisan gambar serta tata letaknya
  • Buatkan konsepnya
  • Konsep dites terlebih dahulu pada kelompok sasaran yang hamper sama dengan kelompok sasaran
  • Perbaiki konsep dan buat ilustrasi yang sesuai dengan isi
UNTUK APA PENGGUNAAN LEAFLETS
  • Untuk mengingat kembali tentang hal-hal yang telah diajarkan atau dikomunikasikan
  • Diberikan sewaktu kampanye untuk memperkuat ide yang telah disampaikan
  • Untuk memperkenalkan ide-ide baru kepada orang banyak
APA KEUNTUNGAN LEAFLETS
  • Dapat disimpan lama
  • Sebagai refensi
  • Jangkauan dapat jauh
  • Membantu media lain
  • Isi dapat dicetak kembali dan dapat sebagai bahan diskusi
DAFTAR KEPUSTAKAAN
Departemen Kesehatan RI, Pusat Promosi Kesehatan, Pedoman Pengelolaan Promosi Kesehatan, Dalam
Pencapaian PHBS, Jakarta 2008
Departemen Kesehatan RI, Pusat Promosi Kesehatan, Panduan Pelatihan Komunikasi Perubahan Perilaku,
Untuk KIBBLA, Jakarta 2008
Departemen Kesehatan RI, Pusat Promosi Kesehatan, Pengembangan Media Promosi Kesehatan, Jakarta
2004.

By. Hasan Husain, SKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar