Minggu, 17 Oktober 2010

Substansi CLTS


Community Led Total Sanitation  atau kegiatan pembangunan sanitasi total yang dip impin oleh masyarakat (CLTS) fokus pada memicu perilaku masyarakat di bidang sanitasi, sehingga terjadilah suatu perubahan dari yang tadinya masyarakat biasa BAB di sembarang tempat, menjadi BAB di jamban. Kegiatan CLTS bisa dikatakan lebih daripada sekedar membangun jamban. Melalui suatu proses yaitu proses pemberdayaan masyarakat.   

Pendekatan CLTS berkonsentrasi pada masyarakat secara keseluruhan, bukannya sebagai individu. Dengan pendekatan ini, Manfaat kolektifnya dirasakan oleh masyarakat seperti : keingginan masyarakat untuk berhenti dari kebiasaan buang air besar di sembarang tempat. Timbulnya dorongan untuk kerjasama. Masyarakat secara bersama-sama memutuskan bagaimana mereka dapat menciptakan suatu lingkungan bersih dan higienis yang meningkatkan kesehatan semua orang. Yang paling penting dari pendekatan ini adalah tidak ada subsidi untuk masyarakat berupa bantuan keuangan atau material. Semua dilakukan secara swadaya.

Sanitasi Total secara luas meliputi perubahan perilaku : berhenti buang air besar di sembarang tempat; semua orang menggunakan jamban sehat; semua orang membiasakan cuci tangan dengan sabun disaat 5 waktu kritis : sebelum dan sesudah makan; setelah buang air besar; setelah menangani tinja bayi; sebelum  menyiapkan air minum dan makanan dengan cara yang higienis; penanganan yang sesuai terhadap sampah domestik maupun binatang peliharaan.

CLTS dimulai dengan menanamkan rasa malu dan rasa jijik kepada anggota masyarakat dari kebiasaan buang air besar di sembarang tempat. Perasaan ini kemudian dibicarakan dengan masyarakat lainnya, lalu dengan cepat menjadi sadar akan akibat buruknya dari kebiasaan buang air besar di sembarang tempat, sampai akhirnya tercetus keinginan untuk merubah perilaku keseluruhan masyarakat untuk membersihkan desa / kampung mereka.

By. Hasan Husain, SKM (Tenaga Ahli Kesehatan dalam Program Pamsimas Kabupaten Mamuju)

1 komentar:

  1. Pada esensinya CLTS itu perlu dikaji secara mendalam bukan cuma oleh Dinas Kesehatan tetapi juga elemen masyarakat lain yg konsen dalam pemberdayaan sehingga kita bs dapatkan out put yang maksimasl.

    BalasHapus